cara pemijahan lele dan persiapan kolam


cara pemijahan lele dan persiapan kolam

cara pemijahan lele dan persiapan kolam ini adalah bagian awal dan penentu hasi panen . karena langkah awal yang salah akan berakibat fatal bagi si petani atau boleh mengakibatkan rugi modal dan waktu
kematian benih lele menjelang ukur 2 -3 cm salah satu peyebabnya adalah proses awal persiapan baik itu media sumber air maupun ataupun cara pemberian pakan benih lele yang benar



persiapan kolam leletelur lele masamo


KOLAM  LELE  DAN PERSIAPANNYA:
kolam pemijahan yang optimal adalah kolam dari beton/ semen dengan luasan (2m - 2,5m x 4m - 7m x 0,8m - 1m). bentuk persegi panjang dengan bentuk sudut tumpul disetiap sudutnya (menghindari cepat retaknya pada bagian sudut)
mengapa harus ukuran tersebut?
Karena ketika air mengalir dari inlet maka kotoran (feces dari tubifex, pakan pellet dan benih) akan tergiring teratur ke arah outlet tanpa kembali lagi ke arah inlet (sehingga tidak menyebabkan benih menjadi mabuk/ keracunan).
kalau kolam terlalu lebar atau terlalu pendek, kotoran dari outlet akan kembali ke arah inlet (disebabkan gerakan memusar air dari inlet ke outlet)
kolam dengan panjang dan luas tersebut bisa menampung kapasitas benih lele antara 100-150rb sampe dengan D-20.
Selain itu juga bisa sebagai tempat pendederan dan kalo bosen gagal di pemijahan bisa juga untuk kolam pembesaran. Dasar dan dinding semen harus sangat halus sekali (wajib). Kenapa?
Karena kalo kasar ketika kita melakukan pemindahan larva lele, maka larva akan luka dan memicu stres dan penyakit.

Pengaruh lumut pada ikan lele

Selain itu dasar yang kasar menyebabkan pembersihan lumut menjadi sulit.
dasar kolam yang bebas lumut merupakan kunci utama dalam pemijahan, usahakan agar lebih banyak campuran semen dari pada pasirnya (tanpa campuran kapur). Misal: 1 : 2-3 (1 semen dan 2-3 pasir).
Mengapa demikian? karena kita akan sangat sering sekali melakukan penyikatan pada dasar kolam pemijahan. Pada saat menghaluskan bisa menggunakan kertas semen sebagai alatnya. (sering sekali saya temui di teman-teman, gagal merawat larva karena kurang bisa menjaga kebersihan dasar kolam). INTINYA KOLAM TIDAK BOLEH ADA LUMUT.

dalam pembuatan kolam lele dan persiapan kolam lele Kita usahakan minim  punya inlet yang bisa keluarkan air sebesar 1" (dim) . Karena ketika benih sangat banyak sekali, maka kebutuhan oksigen juga akan sangat besar, terutama pada malam hari saat D-5 atau D-7 yang bersamaan dengan larva makan tubifex dengan banter-banternya. (ini juga menjadi jawaban mengapa larva mati pada D-5 padahal sebelumnya sehat-sehat saja. Larva yang mati ngampas berkumpul di 1 titik pada pagi hari menandakan larva mengalami drop oksigen dimalam hari)
Sedangkan untuk pipa outlet optimalnya 2,5-3" (modifikasi dengan pipa PVC yang mempunyai lubang-lubang kecil dan dilapisi waring halus (waring kondom) untuk mempermudah keluarnya air tanpa khawatir larva ikut tersedot kluar).
saringan air lele



keringkan kolam 1-3 hari sebelum pemijahan dan isilah air (40-50cm) di malam hari (untuk persiapan pemijahan esok hari).taruh kakaban ukuran 1,5m x 2m (saya gunakan waring hitam, karena penggunaan kakaban dengan ijuk kurang efektif dan terlalu sulit ketika kita melakukan pembersihan telur yg bonor/ tidak menetas) dan tindih 4 sudut dengan genting (jangan bata) karena genting permukaannya halus dan bisa sebagai tempat sembunyi larva.

untuk langka pembenihan ikan lele berikutnya
pengecekan warna kematangan telur lele masamo
kesiapan  pejantan lele masamo membuahi bentina
proses pemijahan ikan lele dan lama waktu berlangsung
Perawatan larva D1- D10
Pendederan benih ikan lele D10 – panen
donloawd di menun sukses budidaya lele masamo
Title: cara pemijahan lele dan persiapan kolam
Posted by:lele masamo
Published :2014-09-24T01:55:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
cara pemijahan lele dan persiapan kolam

lele masamo

Kami melayani pengiriman untuk seluruh propinsi seindonesia
Banda Aceh, Medan,Padang,Pekan Baru,Tanjung Pinang,Jambi,Palembang,Pangkal Pinang,Bengkulu,Lampung,Jakarta,Jawa Barat,Banten Serang,Jawa Tengah,Yogyakarta,Jawa Timur,Bali,Mataram,Kupang,Pontianak,Palangkaraya,Banjarmasin,Samarinda,Tanjung Selor,Manado, Mamuju,Palu,Kendari,Makassar,Gorontalo,Ambon,Ternate,Kota Manokwari,Jayapura

0 comments:

Posting Komentar

 

Sukses Budidaya lele Dengan lele masamo:

  • Copyright © Lele masamo™ is a registered trademark.
    Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.