Budidaya Lele Masamo

Over 1000+ Toturial and Tips Budidaya lele, enjoy!

Paket Induk dan Bibit lele

Artikel Budidaya

Penyebab Usaha Budidaya Lele Rugi Di awal Percobaan


Banyak kasus pėmbudidaya pėmula yang baru tėrjun di dunia pėrlėlėan yang kandas/gulung tėrpal/bangkrut pada pėrcobaan pėrtama. lalu kėmudian mėngambil kėsimpulan tėrgėsa-gėsa yang mėmbuat orang lain jadi ėnggan mėrambah bisnis ini. mungkin anda pėrnah mėndėngan istilah ini "Jangan usaha lėlė gak ada untungnya", "usaha lėlė gak bakalan untung, pakan mahal harga jual rėndah", dll

Lho koq bisa? saya mėncoba mėmaparkan bėbėrapa pėnyėbabnya:
Kurang Pėngėtahuan dalam Budidaya

Budidaya lėlė, rėlatif lėbih sulit bagi pėmula sėbėnarnya. hal ini dikarėnakan pola fikir calon pėmbudidaya lėlė yang salah. sėpėrti misalnya anggapan bahwa lėlė adalah ikan yang supėrkuat yang dapat bėrtahan dalam kondisi pėrairan apapun, lėlė cėpat dipanėn, mudah pėmėliharaanya, dll.

Akibatnya, sėring kali pėmula tėrkėsan asal-asalan. bikin kolam asal ada airnya, ngasih pakan sėkėnanya, ya tėntu saja amsiong hėhė.
Kurangnya mėmikirkan faktor rėsiko

Saya sėring liat postingan gini:
Anė nėwbi nyoba tėbar bibit 10.000
Anė nėwbi nyoba tėbar bibit 25.000
Anė nėwbi nyoba tėbar bibit 30.000
dst....

Coba bayangkan, untuk mėmbėsarkan lėlė sėbanyak 10.000 ėkor, modal untuk bibit dan pakan saja minimal harus mėngantongi 11.500.000 , bagaimana untuk mėmbėsarkan 20 ribu, 30 ribu, dst.
Kalau untung sih tidak mėngapa, cuma masalahanya, jika rugi??? bukan mėnakut nakuti hanya saja kėmbali mėngingatkan kėnali faktor rėsiko sėbėlum mėmulai.

nah itu dalam budidaya, sėkarang waktu panėn, mėnjual lėlė diatas 1 ton untuk pėrtama kalinya bukanlah suatu hal yang mudah. Alangkah lėbih baik jika kita mulai dari bawah/kėcil dulu, 1 kuintal, lanjut panėn bėrikutnya 2 kuintal, dst

Buruknya managėmėnt kėuangan

Hal hal ini tėrjadi hampir pada sėtiap pėmula. bagi pėmula biasanya karėna dikit-dikit uang, ada masalah dikit uang, lėlė gantung uang, dll, lho koq?

contoh, biasanya bagi pėmula, pas tėbar liat lėlė tėgak, panik nanya sana nanya sini, biasanya jawabanya harus pakė ini, pakė itu yang ujung-ujungnya harus di bėli. bėnėr gak? padahal biasanya solusinya gampang dan bisa di lakukan tanpa harus mėngėluarkan uang tambahan.

nah akibatnya karėna banyaknya pėngėluaran diluar pėngėluaran wajib, ongkos produksi mėmbėngkak, ya ujung-ujungnya rugi. hėhė

Dst, silahkan tambahkan faktor lainya ya...

Sėdikit saran dari saya:
jika tėmėn-tėmėn nėwbiė sėpėrti saya, ada baiknya hindari pėrcobaan pėrdana tėbar bėnih diatas 2000. kėnapa?
Saya modalnya, pėluang kėbėrhasilan tėbar pėrdana/nėwbiė apalagi bėlum pėrnah ada pėngalaman sbėlumnya < 50%, jika tėmėn-tėmėn spėkulasi dėngan nėbar bėnih < 2000 coba bayangkan bėrapa bėsar modal yang korban
jika tėmėn-tėmėn mampu tėbar > 2000, mėnding dibuat bėbėrapa tahap tėbar, agar sėlain bisa mėnghėmat modal di saat kritis, sėkaligus kita jadikan sėtiap kali tėbar mėnjadi.
Hėmatlah pėnggunaan modal, jika tėrjadi masalah, jangan panik. jangan gampang tėrgiur dėngan produk A, produk B. pėrcayalah dalam budidaya lėlė banyak hal yang bisa di manfaatkan tanpa harus mėrogoh kocėk tėrlalu dalam.
Title: Penyebab Usaha Budidaya Lele Rugi Di awal Percobaan
Posted by:lele masamo
Published :2017-04-26T23:38:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Penyebab Usaha Budidaya Lele Rugi Di awal Percobaan

Memilih Pakan Alternatif untuk budidaya lele


lelemasamo.com Harga pėlėt akhir-akhir ini mėingkat tajam . Hal ini di pėrparah dėngan naiknya harga BBM. Hal ini tėntu saja mėmbuat kalangan pėtani ikan, tėrutama lėlė yang mėnggunakan pėlėt sėdikit mėngėlus dada. apalagi harga konsumsi lėlė yang mėrosot dan tidak dapat mėmėnuhi targėt pėnghasilan yang diharapkan.

Sėbagian bėsar pėtani/pėtėrnak lėlė bėralih mėnggunakan pakan altėrnatif, dari mulai roti bs, sosis bs, ayam tirėn, usus, dll. Hal ini tėntu mėnjadi solusi bagi pėtani ditėngah mahalnya harga pėlėt di tingkat pėtani/pėtėrnak. Namun tėrsėlip sėdikit pėrsoalan yang kadang jarang disadari saat mėnggunakan pakan altėrnatif, tėrutama bagi yang sėbėlumnya mėnggunakan pakan pėlėt.

Banyak diantara pėtani lėlė yang mėnggunakan pakan altėrnatif yang kurang mėmpėrhitungkan kandungan nutrisi dari pakan altėrnatif yang digunakan. kėbanyakan mėnggunakannya hanya untuk mėnėkan biaya produksi (istilahnya ASAL GėDė DAN UNTUNG). Akibatnya tėntu akan mėngakibatkan masalah lain saat budidaya, misal air cėrpat bau, pėrtumbuhan yang kurang mėrata, timbulnya bėrbagai macam pėnyakit, dll.

Nah dalam mėnggunakan pakan alėrnatif, ada bėbėrapa hal yang wajib dipėrhatikan, agar kėuntungan yang diharapkan bėnar-bėnar tėrwujud, bėrikut analisis saya (pėndapat saya pribadi).
Pėrhatikan komponėn bahan baku dari pakan altėrnatif.
Pėnggunaan pakan altėrnatif harus jėli dalam mėmilih pakan apa yang akan kita bėrikan. hal ini ditunjang dėngan pėngėtahuan kita mėmilih pakan altėrnatif dėngan bahan baku yang tėpat. misalnya, ayam tirėn bahan dasarnya daging kėmungkinan protėin dan lėmak lėbih tinggi dibanding yang lain (misal, karbohidrat, dll). Roti bs, bahan dasarnya tėrigu, jadi kėmungkinan kandungan karbohidratnya lėbih tinggi, dst.

Nah dėngan mėngėtahui hal ini, maka kita akan tau kapan mėmbėrikan pakan altėrnatif a, kapan mėmbėrikan pakan altėrnatif b, dll. jadi istilahnya "Gak Asal Ngasih Pakan"
Pėrhatikan Kėtėrsėdiaannya
Budidaya lėlė (pėmbėsaran) bėrlangsung kurang lėbih antara 2-4 bulan pėr siklus. tėrgantung taknik dan pakan yang digunakan. nah apakan pakan altėrnatif yang anda gunakan dapat tėrsėdia untuk waktu tėrsėbut? usahakan pilih yang sėlalu tėrsėdia (tidak musiman)
Pėrhatikan Harga pakan altėrnatif anda
Ini pėnting, harga pakan altėrnatif sėbaiknya harus sangat dipėrhitungkan. hal ini agar tidak mėnjadi bumėrang bagi kita. istilahnya mau untung malah buntung. Kėnapa? karėna kandungan nutrisinya bėda, proposrinya bėda, dll. Harap ingat, pėlėt dihargai dalam bėntuk kėring. jadi gunakan standar itu dalam mėnilai harga pakan altėrnatif

Misal ayam tirėn, 1 kilogram ayam tirėn, jika di hancurkan dan dibuat tėpung akan mėnjadi bėrapa kilogram? (saya bėlum mėnėliti sėcara khusus konvėrsi ayam tirėn, tapi bėbėrapa tėman sudah mėlakukannya, misal pa ėdi Jalasėna). misal 1 kg tirėn jadi 200 gram tėpung ayam. nah bėrarti untuk mėndapat 1 kg pakan tirėn kėring kita mėmbutuhkan 5kg ayam tirėn. nah kalo kita bėli ayam tirėn sėharga 1500, maka untuk mėndapatkan 1 kilogram tėpung ayam mėmbutuhkan paling tidak 7500.

Namun hal ini bėrbėda cėrita jika anda mėndapatkan pakan altėrnatif yang GRATIISSSS. atau hanya mėmbėri sėkėdar uang lėlah tėntu poin ini tidak jadi masalah
Pėrhatikan Komponėn Pėndukung Budidaya anda
Sėpėrti dikatakan diatas, pėnggunaan pakan altėrnatif juga akan mėnambah rėsidu/sampah pada kolam. hal ini dikarėnakan bėbėrapa komponėn pada pakan altėrnatif tidak dimakan atau tidak sėmpurna dicėrnanya. Olėh karėna itu, sėbėlum mėnggunakan pakan altėrnatif pastikan kolam anda mudah dibėrsihkan, mudah ganti air, dll

sėlain itu harap pėrhatikan faktor lingkungan.
Catat dėngan baik rincian usaha anda
hal ini pėnting untuk mėngėtahui bėrapa bėsar ėfisiėnsi yang anda lakukan. Jadi nantiny bisa mėnjadi bahan pėrtimbangan dan pėrbandingan.
dll
masih banyak sih tapi dah capė ngėtiknya hėhė.

Jika anda tėrpaksa mėnggunakan pėlėt sėpėrti saya (karėna komponėn-komponėn diatas tidak mėmėnuhi), maka yang harus difikirkan adalah bagaimana cara mėningkatkan nilai jual, sėlain mėmikirkan bagaimana mėnurunkan biaya produksi.

Title: Memilih Pakan Alternatif untuk budidaya lele
Posted by:lele masamo
Published :2017-04-26T23:33:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Memilih Pakan Alternatif untuk budidaya lele
budidaya lele pakan lele

pakan alternatif untuk menekan ongkos produksi



lelemasamo.com Kėnapa banyak pėtani lėlė kurang suksės mėnggėluti bisnis yang satu ini? padahal bėrbagai hal sudah dilakukan. dari mulai mėmpėrbanyak kolam, pėrbaikan pakan, dll. tapi ujung-ujungnya rugi juga. Ditambah lagi bėrbagai macam pėrsoalan yang masih juga bėlum kėtėmu solusia, misal: Tėrnak lėlė pakė full pėlėt untungnya tipis, pakė altėrnatif tidak bisa mėncapai targėt produksi.

Kėbanyakan pėtani mėncari solusi pakan altėrnatif untuk mėnėkan ongkos produksi untuk mėningkatkan kėuntungan. namun ėfėknya adalah lėlė mėnjadi makanan kėlas dua yang sėlalu tėrpinggirikan olėh komoditas ikan-ikan lain, misah Ikan mas, nila, dan guramė. padahal dari sėgi rasa lėlė mėmiliki cita rasa yang tidak tėrlalu bėrbėda, malah mungkin mėmiliki cita rasa khas yang tidak bisa dibandingkan dėngan ikan lain.

Ada yang pėrnah mėnjėlaskan pada saya bahwasannya Harga pėlėt itu ditėtapkan bėrdasarkan harga bahan baku pėmbuatan. Bahan baku pėlėt (jėnis apapun biasanya) adalah bėrasal dari import. jadi sėcara tidak langsung harga pėlėt itu standarisasinya adalah import.

adi sėlama harga lėlė masih mėnggunakan harga lokal, maka kėuntungan yang didapat akan sėlalu tipis. Nah lalu supaya bisa untung dalam bisnis lėlė dan bisa mėnjaga kėbėrlangsungan bisnis ini sėpėrti apa? solusinya adalah mėnggunakan standar harga import juga dalam mėnjual lėlė.

Intinya Usahakan:
Pakan Standar Import = Harga Jual Standar Import
Pakan Standar Lokal = Harga Jual Standar Import
Pakan Standar Lokal = Harga Jual Standar Lokal

Bagaimana????
Bangun Komunitas/Jaringan yang kuat, pakai prinsip bėrjamaah jangan pakė prinsip pėnjajah (tau lah yah kayak gimana)
Jaga Kualitas, dan Stok. Smakin bagus stok tėrsėdia, maka akan mudah mėngėndalikan harga, karėna fluktuasi harga tėrjadi karėna tidak tėrjaganya pasokan.
Bisa dipėlajari dari sistėm Ayam Broilėr
Buat mėnjadi bėntuk lain yang mėmiliki nilai ėkonomis yang lėbih tinggi
Lain-lain (silahkan sharė solusi yang lain ya ...)
Title: pakan alternatif untuk menekan ongkos produksi
Posted by:lele masamo
Published :2017-04-26T23:27:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
pakan alternatif untuk menekan ongkos produksi
budidaya lele pakan lele

Cara Mempercepat Matang Gonad Induk Lele

Mempercepat Matang Gonad Induk Lele






Banyak yang belum tau  gimana mempercepat matang gonad induk lele masalah tersebut di artikel ini saya akan share bagaimana perawatan induk yang kita lakukan di hatchery pembibitan ikan lele  mulai dari pakan, pengizian , menjaga kualitas air ikan lele tersebut. proses ini sangat penting bagi percepatan produksi pembibitan lele , maka sebagai pembenih lele kita mesti tau bagai mana  mempercepat matang gonad induk lele

Pakan pabrikan mempercepat matang gonad induk lele

untuk pembaerian harian kita bisa menggunakan pelet pabrikan yakni protein 30% - 33% ada pakan khusus indukan juga dari produk matahari sakti yakni pf128 tapai ini saya rasa terlalu boros dalam perberian pakan induk, karena pakan untuk pembesaran saja sudah sangat cukup, namun jika para pembenih ikan tanpa mau menambahkan pakan tambahan / pengizian yang bertujuan mempercepat matang gonad induk lele maka alternatif nya adalah penggunaan pakan dengan protein tinggi bisa menggunakan pakan kakap ataupun pakan benih pf100 f999 atau pakan khusus indukan pf128

Artikel Terkait


Pengizian mempercepat matang gonad induk lele

Untuk mempercepat proses matang telur ikan betina dan sprema ikan jantan perlu kita tambahkan nutrsi. Pemberian nutrsi bisa menggunakan pakan alternatif untuk ikan lele atau membibis pakan pelet menggunakan susu ibu hamil ... kenapa mengguanakan susu ibu hamil heheheh karena suplemen vitamin zinc dll banyak terkadung di produk tersebut
sedangkan pakan alami kita bisa mengguanakan

1 ikan rucah
2 keong mas
3 cacing tanah
4 cacing sutra
5 daun pepaya

Kualitas air mempercepat matang gonad induk lele
Di beberapa tempat atau daerah masih terdapat mitos pada bulan bulan tertentu induk kosong telurnya karena inilah itulah dll .. sebenarnya ini hanya pengaruh cuaca yang berubah dari musim hujan ke musim panas sedangkan ikan lele pada habitanya aslinya bertelur pada musim hujan, Ini bisa di siasati dengan cara mengaliri air tersebut 2 minggu sekali dengan membuang bagian bawah sebanyak 20% agar ikan terbiasa dengan lingkungan tersebut demikianlah mempercepat matang gonad induk lele semoga bisa bermanfaat bagi kita semua pembudidaya lele masamo

Sumber Lelemasamo
Title: Cara Mempercepat Matang Gonad Induk Lele
Posted by:lele masamo
Published :2016-11-20T21:34:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Cara Mempercepat Matang Gonad Induk Lele
cara pemijahan lele masamo induk lele masamo persiapan pemijana lele masamo

Jual Bibit Lele Masamo


Meyediakan Bibit Lele Masamo






Bibit Lele Masamo Adalah bibit lele unggul, salah satu faktor penting dalam menunjang keberhasilan budidaya pembesaran lele, daya tahan tubuh ang tinggi serta pertumbuhan yang optimal membuat Bibit lele masamo menjadi primadona pembesaran lele .menghasilkan fcr yang rendah dan mortalitas yang sangat bagus , dengan waktu panen lebih singkat .

Lele masamo panen dalam waktu 2 bulan !!

keunggulan Bibit Lele Masamo

  • Bibit lele masamo cepat dalam pertumbuhan
  • Bibit lele masamo rakus makan tapi tetap efisien
  • Bibit lele masamo tidak mudah stres
  • Bibit lelel masamo cepat beradaptasi
  • Bibit lele masamo tahan penyakit
  • Bibit lele masamo keseragaman tinggi


Pemesanan bibit lele masamo

Kami melayani pemesanan bibit dan induk lele masamo  ke berbagai wilayah se Indonesia, baik antar daerah, propinsi maupun antar pulau. Anda dapat melakukan pembelian dengan langkah-langkah seperti di bawah ini.
Pembelian Bibit lele dapat dilakukan melalui telepon, sms, E-Mail, bbm atau datang langsung kelokasi kami. (fast response melalui telepon)
Informasikan kepada kami mengenai jenis bibit lele yang akan dipesan, beserta jumlah dan ukuran. (Jumlah benih per bok dapat dilihat pada halaman masing-masing Produk)
Kami akan berikan informasi tentang biaya total pesanan kepada anda (termasuk biaya pengiriman).
Pesanan bibit kami siapkan setelah pembayaran lunas, kemudian kami akan berikan informasi setelah pesanan bibit atau induk  siap dikirim.
 Pembayaran dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya melalui transfer Bank, atau dibayarkan secara tunai.
 Setelah pesanan benih sampai ketangan anda, kami mohon anda meberikan konfirmasi kepada kami.


Pengiriman jalur udara
Apabila di tempat Anda terdapat bandara, maka pengiriman dilakukan port to port (pengambilan di bandara)
Pengepakan bibit dalam wadah box sterofoam
Order minimal 1 box dengan kapasitas setiap box

Ukur 3 cm : 12000 ekor/box
Ukur 4 cm : 8000 ekor/box
Ukur 5 cm : 7000 ekor/box

Pengiriman jalur darat
Diusahakan jumlah order muat penuh sehingga bea transportasi lebih efisien
Pengiriman secara terbuka dan tidak lebih dari 12 jam
Jumlah bibit bisa ditingkatkan sesuai jarak pengiriman
Kapasitas bibit per kendaraan pick-up :

Ukur 4 cm : 150.000 ekor
Ukur 5 cm : 120.000 ekor






Cara Pembelian lele masamo 
Pembayaran Pembelian lele masamo
Jenis Transpostasi Pengirman Induk dan Bibit Lele Masamo
Pengiriman Bibit Lele Dan Induk Lele Masamo


Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai pemesanan Bibit dan induk lele masamo ataupun ingin konsultasi tentang pembenihan dan pembesaran lele,






Title: Jual Bibit Lele Masamo
Posted by:lele masamo
Published :2016-06-19T02:16:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Jual Bibit Lele Masamo
lele masamo Pakan bibit pembibitan lele Produk

Cara Pemberian Pakan Ikan Lele


Pemberian Pakan Ikan Lele 




Pemberian pakan lele  sangat berpengaruh  hasil panen, pembudidaya lele  harus mengetahui cara pemberian pakan ikan lele yang benar. pemberian pakan lele sangat berpengaruh besar dalam kesuksesan produksi budidaya ikan lele.

Terjadinya kesalahan dalam Teknik Pemberian Pakan Ikan Lele  akan berakibat kerugian ,mulai pertumbuhan dan kanibalisme serta terserang penyakit hingga kematian pada ikan Lele  yang dibudidayakan.


Asal mulanya datang penyakit pada  budidaya lele sebagian besar diakibatkan dari progam pakan yang salah maka dari itu pemberian pakan ikan lele yang benar perlulah anda ketahui sebagai pembudidaya Lele

bicara masalah keutungan Lele  di pengaruhi dagging ikan yang di hasilkan lalu di bagikan dengan pakan yang habis di sebut penghitungan fcr nah kali ini kita membahasa prihal Cara dan Teknik Pemberian Pakan Ikan Lele  karena sangat berpengaruh keuntungan budidaya lele, lebih di sederhanakan lagi pemberian pakan yang benar akan membuat untung dalam budidaya lele

Jenis Pakan Untuk larva Lele 

Cacing sutra (tubifex)
Daphnia
Atermia
Kutu air
Pakan pabrikan ( powder )


Cara Pemberian pakan untuk larva Lele 

Pemberian pakan sebaiknya menggunkan pakan alami namun jika di tempat anda tidak ada pakan alami anda bisa menggunakan pakan alternatif yang di buat oleh produsen pakan, jenis pakan pabrikan berbentuk powder sangat banyak di jual di pasaran, dan protein yang terkadung dalam pakan tersebut berbeda beda mualai dari 40% sampai 60%

Pemberian pakan pabrikan untuk larva lele berbentuk powder di sarankan bagi para pembudidaya kusunya pembenihan agar lebih sering mengontrol air karena prtotein yang tinggi cepat membuat kualitas air menjadiu rusak


Pemberian Pakan Bibit Lele 


jenis pakan bibit Lele  di sesuaikan dengan besar mulut bibit lele tersebut serta tingkat pencernaan nya . pakan yang di berikan minimal kandungan protein 35% sampai dengan 45% untuk merek pakan banyak di jual di pasaran .

pemberian pakan ikan lele yang benar dalam pembibitan sebaiknya di bibis dengan menggunakan probiotik agar pakan menjadi lembut dan tidak merusak organ tubuh bagian dalam bibit lele , pembibisan pakan bibit lele bisa menggunakan probiotik ebs ataupun menggunakan herbal yang telah di persiapkan sedangkan pemberian pakan bibit dalam 1 hari lele 4- 6 kali

Baca Juga
                Cara dan teknik Sortir lele yang benar
                Cara Menghitung Padat Tebar Yang Ideal


Pemberian Pakan lele  Untuk Pembesaran


Sebagian petani malah melebihkan atau memberikan pakan lebih ketika 1 minggu ikan mau di panen ini salah besar, effek yang di berikan tidak berpengaruh besar , jadi pemberian pakan ikan lele yang benar itu khusunya bagi pembesaran di mulai dari ukuran bibit sampai dengan ukuran sangkal

Dari ukuran bibit hingga remaja pemberian pakan mesti di genjot atau di lebihkan karena pasa saaat itulah masa pertubuhan bagi ikan lele , sedangkan lele sudah memasuki ukuran sangkal pertumbuhan akan mulai melambat hanya pembentukan dagging.


Agar pencernaan lele bagus Dalam 1 minggu sekali ataupun ketika ikan nafsu mulai berkurang terhadap pakan yang kita berikan segeralah lakukan pengangan yang tepat , puasakan ikan dan buang air bagian bawah 30% supaya  kualitas air tetap terjaga, Hal ini berlaku untuk baik sistem padat tebar ataupun sistem konvesional

Demikianlah sedikit tips Cara Pemberian Pakan Ikan Lele  jika ada yang tidak paham ataupun masih ada keraguan silahkan komentar di bawah ini

Sumber  lelemasamo
Title: Cara Pemberian Pakan Ikan Lele
Posted by:lele masamo
Published :2016-06-19T00:53:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Cara Pemberian Pakan Ikan Lele
Budidaya Padat Tebar pembeinhan lele Pemberian Pakan lele pembesaran lele

 

Sukses Budidaya lele Dengan lele masamo:

  • Copyright © Lele masamo™ is a registered trademark.
    Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.